Press "Enter" to skip to content

Sakit Pinggang Kronis Dan Penyebabnya

Sakit Pinggang Kronis

Sakit Pinggang Kronis adalah masalah sakit pinggang yang terjadi dalam jangka waktu lama, bisa sampai 6 bulan dan bahkan lebih. Kondisi sakit pinggang kronis ini cukup berbahaya dan bisa berlanjut  atau bersifat kambuh.

Sakit Pinggang Kronis

Sakit pinggang kronis ini sangat mudah terjadi atau menyerang penderitanya dan membuat penderitanya menderita kesakitan, hal ini berbeda jika dibandingkan dengan sakit pinggang karena menstruasi tidak lancar. Maka sudah sangat jelas, kalau sakit pinggang kronis ini akan menyiksa, terutama dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang yang luar biasa.

Untuk mengetahui penyebab dan cara pengobatan sakit pinggang yang perlu dilakukan, maka sebaiknya segera pergi menemui dokter. Anda harus jelaskan secara lengkap mengenai kondisi sakit pinggang yang anda alami, dengan begitu akan memudahkan dokter dalam menanganinya. 

Untuk penyebab sakit pinggang kronis sendiri, berikut ini adalah beberapa penyebab umum sakit kronis muncul, yang diantaranya adalah :

  • Sindrom iritasi usus. Kondisi ini sangat umum terjadi pada sistem pencernaan yang membuat kram perut, kembung, diare, dan juga konstipasi.
  • Endometriosis. Kelainan ini juga bisa sebabkan sakit pinggang kronis, kondisi kesehatan sistem reproduksi wanita yang terkena masalah ini adalah ketika jaringan dari lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim.
  • Penyakit radang panggung. Ternyata kondisi ini juga bisa sebabkan sakit pinggang kronis. Tentu saja, sebab kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyerang alat dan sistem reproduksi wanita seperti tuba falopi, uterus, ovarium, dan juga rahim. Infeksi ini muncul karena adanya infeksi penyakit kelamin seperti klamidia atau gonore yang kemudian menyebar dari vagina ke organ reproduksi wanita yang lebih dalam. Kondisi ini sangat berbahaya dan perlu melakukan pengobatan sejak disini dengan memberikan antibiotik.

Secara umum, itulah beberapa penyebab atau faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena masalah sakit pinggang kronis. Selain penyebab umum, ada juga penyebab sakit pinggang kronis yang tidak umum yang diantaranya adalah :

  • Infeksi saluran kemih merupakan masalah buang air kecil yang frekuensi nya terjadi semakin tinggi dan menyebabkan rasa sakit atau perih, gejala dari infeksi saluran kemih ini adalah rasa sakit pada pinggang yang bersifat kronis.
  • Orang yang terkena adenomiosis, yaitu kondisi endometriosis yang mulai berkembang ke lapisan otot rahim. Maka dari kondisi ini rahim menjadi bengkak dan siklus menstruasi menjadi berlebihan serta menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini juga dapat memunculkan sakit pinggang yang parah.
  • Orang yang terkena radang usus.
  • Orang yang menderita penyakit hernia.
  • Saraf pada bagian pelvis rusak dan menyebabkan masalah pada saraf panggul muncul. Gerakan tertentu dapat menimbulkan rasa sakit seperti di tusuk dan tentunya membuat pinggang terasa sakit.
  • Terkena masalah porlaps rahim, yaitu kondisi rahim yang turun dari posisi normal dan menyebabkan rasa sakit pada pinggang.
  • Kandung kemih mengalami inflamasi panjang atau bisa disebut juga sebagai sistitis kronis.
  • Wanita yang menderita penyakit kista ovarium.

Saat anda menderita sakit pinggang kronis secara tiba-tiba, maka segera temui dokter. Karena bisa saja hal tersebut adalah kondisi medis darurat yang harus mendapatkan penanganan secepatnya.

Pada beberapa kasus, sakit pinggang yang parah bisa mengganggu keseharian anda dan tidak dapat membaik dalam waktu cepat, sehingga hal tersebut bisa mengganggu psikologis anda. Maka apabila itu terjadi, segera periksa ke dokter dan lakukan beberapa tes medis agar segera diketahui penyebab sakit pinggang dan mendapatkan penanganan yang tepat.