Press "Enter" to skip to content

Beberapa Cara Merawat Printer Agar Awet

Bagi anda yang memiliki barang tentu saja ingin memilikinya dalam jangka waktu yang lama. Untuk memiliki barang tersebut dengan jangka waktu yang lama tentu saja anda harus merawatnya denganĀ  benar tak terkecuali bagi anda yang memiliki printer. Printer merupakan salah satu alat cetak dokumen yang biasa digunakan untuk mencetak berbagi hal baik itu gambar, tulisan atau apapun. Terlebih lagi bagi anda yang sering menggunakan alat ini tentu saja anda memerlukan perawatan yang ekstra agar printer anda tidak cepat rusak. Serta ada baiknnya untuk menjaga printer anda memperhatikan berbagai cara merawat printer agar tetap awet.

Canon Printer
Canon Printer

Berikut ini adalah adalah beberapa hal tentang cara merawat printer agar awet dan memperpanjang masa penggunaanya.

  • Gunakan printer anda sesering mungkin jangan sampai tidak digunakan. Apalagi bagi anda yang menggunakan printer inkjet hal ini akan menyebabkan head cartridge menjadi kering jadi ada baiknya agar printer selalu digunakan.
  • Gunakan printer driver susuai dengan jenis printer anda, serta usahakan selalu mengupdate printer driver anda.
  • Gunakanlah clean head pada printer secara berkala agar tinta dapat keluar dengan lancar
  • Pastikan kebersihan printer terjaga selalu jangan biarkan benda asing masuk kedalamnya dan membuatnya menjadi macet
  • Gunakan tinta printer yang di rekomendasikan agar hasil tetap bagus. Jangan sembarangan menggunakan tinta karena akan mempengaruhi kualitas cetakan.
  • Pilihlah kertas yang sesuai dengan printer. Kertas yang digunakan sebaiknya tidak terlalu tipis ataupun tebal serta pilihlah kertas yang tidak kusut agar printer tetap awet.
  • Jika belum ahli sebaiknya jangan membongkar casing printer karena bila salah dalam pemasangannya akan dapat menyebabkan kerusakan.
  • Segera isi ulang tinta jika menunjukan tanda akan habis. Karena jika tidak segera diisi ulang akan menyebabkan tersumbatnya head cartridge.
  • Usahakan jangan menyentuh chip cartridge karena akan mempengaruhi aliran listrik dan juga mempengaruhi komponen tersebut.

Begitulah beberapa cara merawat printer agar tetap awet. Ada baiknya anda memperaktekan cara tersebut agar printer anda tidak cepat rusak serta anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk merawatnya ataupun memperbaikinnya bila nanti rusak.