Press "Enter" to skip to content

Cara Bikin Pakan Alternatif Untuk Kelinci

Ternak kelinci adalah satu diantara sektor bisnis yang memanglah ada banyak mempunyai prospek yang menjanjikan. Mengapa dapat demikian? Ya, lantaran masihlah begitu banyak keinginan kelinci di banyak daerah yang alami penambahannya.

Pakan Alternatif Kelinci

pakan alternatif kelinci

Untuk beternak kelinci dapat di bedakan jadi 2 kelompok yakni kelompok untuk kelinci pedaging serta kelompok untuk kelinci hias, dari 2 kelompok itu, umumnya memanglah kelompok kelinci pedaging yang lebih gampang dalam soal perawatannya. Mengapa? Lantaran dalam kelompok ini tak dibutuhkannya perawatan spesial untuk membudidayakan kelinci pedaging, begitu tidak sama dengan kelinci hias. Kelinci hias begitu memerlukan perawatan yang spesial serta tentunya bakal banyak memerlukan cost penambahan yang buat kantong anda menipis.

Dari ke-2 kelompok di atas memiliki masalahh yakni permasalahan pakan kelincinya, anda telah tahukan? Bila kelinci makanan favoritnya dari rerumputan, sayuran, dedaunan serta lain sebagainya. Tetapi bagaimana bila makanan itu sangatlah dicari? Misalnya saja bila sewaktu itu yaitu tengah terjadinya musim kemarau? Jalan keluar langkah mengatasinya yakni dengan bikin pakan alternatif kelinci.

Langkah Bikin Pakan Alternatif Kelinci
Dalam soal bikin pakan alternatif kelinci mungkin saja dapat jadi satu diantara jalan keluar untuk menangani terbatasnya pakan, walau demikian dalam bikin pakanya tambah baik mengambil bahan makanan yang masihlah fresh serta higenis.

Misalnya segera mengambil dari alam atau kebun, seperti sayuran, rerumputan, dedaunan, serta semacamnya. Namun terdapat banyak makanan alami kelinci itu, ada daun yang memanglah tak bisa dikonsumsi untuk kelinci, nama daunya yakni daun mandingan. Mengapa? Ya! Lantaran daun itu dapat menyebabkan untuk kelinci lebih rawan terkenanya penyakit kulit seperti jamuran atau gudigan. Oleh karenanya anda mesti ekstra memerhatikan pakan yang bakal diberikan kelinci anda.

Sebelumnya menghadap ke langkah pembuatanya, terdapat banyak masalah yang perlu anda hadapi, meskipun bahan-bahanya itu dapat disebut alami, namun untuk memperoleh pakanya mungkin saja anda mesti keluarkan cost penambahan untuk membelinya. Diluar itu kelinci harus juga menyesuaikan dengan pakan alternatif ini, lantaran umumnya bila diberikan pakan berbentuk rerumputan kadang-kadang kelinci tidak ingin makan.

Anda tak perlu cemas lantaran kelinci anda bakal menyesuaikan dengan seiringnya saat bakal punya kebiasaan dengan cara sendirinya.

Beberapa bahan pembuatan pakan alternatif kelinci :

Bungkil yang ada pada kelapa
Bungkil yang ada dari kedelai
Tepung mineral
Dedak (Dedek jika orang jawa yang katakan) bekatul atau dapat dengan juga dedak yang telah halus
Bila bahan-bahanya telah siap, jadi sistem membuatnya seperti berikut.
Untuk takaranya anda dapat mengukur sesuai sama keperluan anda yah! Umpamanya 1kilogram pakan alternatif bakal memerlukan 500gram dedak, 200gram bungkil kelapa, 200 gr bungkil kedelai, serta 100 gr tepung mineralnya.
Bila beberapa bahan itu telah diperoleh, jadi anda dapat segera mencampurkannya dalam satu wadah serta berikanlah sedikit penambahan air supaya lebih gampang dikumpulkan berbahan.
Aduk-aduk kombinasi dari beberapa bahan yang telah dimasukkan hingga rata yah!
Bila bahan-bahanya telah diaduk sampai menyatu dengan rata, anda dapat segera memberinya pada kelinci pedaging serta kelinci hias. Bukan sekedar kelinci hias serta kelinci pedaging saja lho! Namun dapat diberikan ke kelinci yang lain.

Bahan yang lain dapat memakai dengan :
Bahan bekatul
Biji-bijian
Tepung jagung
dan bahan yang lain yang memiliki kandungan serat tinggi.

Untuk banyak sekurang-kurangnya pakan kelinci, telah dibicarakan di atas kalau ini bergantung dari jumlah kelinci anda, makan cocokkan saja sesuai sama porsinya. Umumnya untuk kelinci yang umurnya dewasa dapat berikanlah pakan sekitaran 100-140gram, untuk kelinci yang tengah hamil dapat berikanlah 160-200gram.

Namun bila kelinci masihlah berusia 2-4 bln.. Anda dapat kurangi jumlah dari 70gram, tambah baik dalam pemberian pakan pada kelinci, anda sesuaikan dengan jadwal pemberian maka dari itu /harinya.

Alat-alatnya cukup simpel kok, anda dapat membuatnya dengan bak plastik untuk mencampurkan adonanya, untuk alat lainya dapat pakai sendok, panci, kompor.

Langkah pembuatanya :
Mencampurkan semuanya bahan yang telah disiapkan
Pakai air supaya dalam pencampuranya rata serta menyatu pada bak plastik
Bila telah di rasa rata, anda dapat mengukus adonand engan panci sepanjang lebih kurang 30 menit atau dapat diliat dengan pergantian warnanya.
Bila warnanya telah beralih serta suhunya masihlah panas, tinggal lakukan pencetakan adonan dengan memakai penggilingan mie sampai membuat adonan yang memanjang.
Lantas manfaatkanlah oven untuk mengeringkan adonanya yang telah di bentuk-bentuk tadi, bila tak ada oven anda dapat menjemurnya dalam sekian hari, untuk penjemuranya tambah baik di alas yang bersih supaya betul-betul kering adonanya.
Pakan alternatif siap diberikan pada kelinci.