Press "Enter" to skip to content

Cara Mengatasi Tidur Mendengkur Dengan Mudah

Kebiasaan tidur dengan keadaan mendengkur, atau bisa dikenal dengan istilah ngorok. Seringkali membuat orang lain yang ada disekitar anda akan terganggu. Suara keras yang dikeluarkan saat tidur, membuat orang yang berada didekat pendengkur semakin sulit untuk memejamkan mata dan untuk beristirahat. Berdasarkan akan proses metabolisme tubuh, maka seseorang akan menarik dan mengeluarkan nafas melalui hidung sebanyak 28 ribu etiaphari. Hal initentu dapat terjadi karena adanya lima sensor saraf yang langsung terhubung dengan otak. Saat anda mendengkur, udara yang masuk melalui hidung dan mulut akan terhalang karen adanya proses penyempitan pada saluran udara. Sehingga terjadilah dengkuran ketika anda tidur.

Ada beberapa langkah ataupun cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi dengkuran. Berikut akan dijelaskan mengenai cara mengatasi tidur mendengkur.

Cara mudah untuk cara mengatasi tidur mendengkur adlah dengan mengubah posisi tidur anda. Posisi tidur yang tidak benar akan membuat anda mendengkur. Hal ini teradi karena lidah tertarik ke belakang, dan pada aliran udara juga mengalami penyempitan. Dengkuran ini terjadi ketika rongga – rongga yang ada di mulut, lidah, tekak, ataupun otot belakang yang ada di tengorokan saling bersentuhan satu dengan yang lainnya, hal inilah yang nantinya akan menyebabkan anda tidur mendengkur.

Langkah selanjutnya adalah angkat posisi kepala anda ketika tidur. Posisi kepala saat tidur juga akan mempengaruhi tidur anda. Kebanyakan orang yang mendengkur posisi kepala yang terletak jauh ke belakang dari letak bantal. Dengan mengatasi hal tersebut, maka anda perlu mengubah posisi bantal anda ketika anda tidur, cobalah angkat sedikit.

Langkah selanjutnya untuk cara mengatasi tidur mendengkur adalah dengan senam tenggorokan. Sebelum anda tidur lakukanlah hal ini. Anda dapat melakukan senam tenggorokan dengan cara membuka mulut anda selebar mungkin, dan anda juga dapat meregangkan rahang anda pada satu posisi saja. lakukanlah hal ini selama 30 detik, dan lakukanlah secara beruang – ulang sebelum anda tidur. Turunkan berat badan, cara ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mengatasi anda dari dengkuran.