Press "Enter" to skip to content

5 Pencegahan Ampuh Penyakit Fistula Ani

5 Pencegahan Ampuh Penyakit Fistula Ani

Tentunya tidak ada yang ingin terserang penyakit fistula ani, karena kengerian penyakit ini bukanlah isapan jempol semata. Fistula ani selain membuat penderitanya merasa sangat terganggu juga dapat mengancam keselamatan, apalagi jika sudah parah dan belum menemukan pengobatan yang tepat.

Namun sesuai pepatah mengatakan mencegah lebih baik daripada mengobati, oleh sebab itu kita mumpung belum terkena penyakit fistula ani segera ketahui pencegahan-pencegahannya sebelum anda benar-benar terkena fistula ani.

Pencegahan penyakit fistula hanya untuk mereka yang tidak sedang terkena fistula ani, karena yang sedang terkena fistula ani bukanlah harus melakukan pencegahan melainkan pengobatan hingga sembuh. Barulah setelah fistula aninya sembuh bisa melakukan pencegahan agar tidak kambuh lagi.

Di kesempatan kali ini saya akan memberikan atau berbagi informasi mengenai pencegahan fistula ani, dari sekian banyaknya pencegahan saya akan rangkum 5 yang paling penting saja. Dan berikut adalah 5 Pencegahan Ampuh Penyakit Fistula Ani :

1. Olahraga

Rajin berolahraga membuat tubuh kita sehat dan segar bugar, tak heran bila di sekolah dasar hingga ke bangku SMA ada pelajaran “penjaskes” alias pendidikan jasmani dan kesehatan. Jika tidak ada pelajaran tersebut banyak anak-anak yang kebugaran tubuhnya tidak baik, kembali lagi ke topik. Olahraga bisa membuat sirkulasi darah menjadi lancar, merangsang jaringan hingga ke sel saraf agar fungsinya lebih baik, meningkatkan kekebalan tubuh, membakar kalori, meningkatkan metabolisme tubuh dan lain-lain.

Nah karena fistula ani di awal mulanya adalah karena peredaran darah terganggu maka dengan rajin olahraga sirkulasi darah akan tetap lancar dan terhindar dari fistula ani. Olahraga yang dimaksudkan disini bukanlah sekali olahraga langsung lari keliling stadion 5 putaran, habis itu push-up 100, sit up-100, angkat barbel 10kg 100 kali, lari maraton, lalu besoknya terkapar di kasur.

Yang dimaksudkan disini adalah olahraga yang dilakukan secara rutin dan tidak memaksakan, bila sekiranya sudah tidak sanggup ya jangan dipaksakan. Dan olahraga yang direkomendasikan adalah olahraga ringan, contohnya adalah joging secara rutin misalkan setiap pagi atau sore selama 15 hingga 30 menit.

2. Jauhi minuman keras

Nah untuk minuman keras tentunya anda sudah tau kan? jangan sampai anda salah presepsi dan mengartikan minuman keras adalah es batu 😀 bukan. Minuman keras yang dimaksudkan contohnya adalah alkohol, bir, dan minuman memabukkan lainnya. Selain dilarang oleh agama tentunya dilarang pula dalam kesehatan karena dibanding manfaat, lebih banyak kerugiannya.

Tidak sedikit dari mereka yang terkena fistula ani disebabkan dari terlalu sering minum minuman keras sehingga pencernaannya terganggu, dan juga berefek pada bagian-bagian tertentu tubuh jadi tidak hanya berdampak pada fistula ani saja, minuman keras juga akan merusak organ tubuh lain seperti hati, lambung, ginjal dan lainnya.

3. Kuragi begadang

Begadang adalah kegiatan yang memaksakan, tidak hanya memaksakan mata saja untuk tetap on tetapi memaksakan anggota tubuh lainnya. Perlu anda ketahui organ tubuh kita ini juga memerlukan istirahat agar fungsinya tetap lancar saat sedang beraktifitas. Kegiatan begadang dapat menyebabkan organ tubuh terus bekerja yang lama kelamaan akan mengalami penurunan fungsi. Aliran darah juga akan terganggu sehingga lebih rentan terkena penyakit darah dari mulai kolesterol, trigliserida, penyakit jantung, hdan lain-lain bahkan termasuk fistula ani.

4. Jangan terlalu banyak duduk

Siapa bilang dengan banyak duduk tubuh akan lebih sehat karena tidak banyak melakukan gerakan? tentunya hal tersebut tidak benar. Sesuai pembahasan di atas tubuh kita ini membutuhkan olahraga atau minimalnya aktifitas gerak. Dengan banyak duduk justru bisa mengundang penyakit ambeien karena ada pembuluh darah yang terhimpit. Ambeien tersebut kalau dibiarkan bisa berubah menjadi fistula ani.

5. Hindari mengejan terlalu lama

Sudahkah anda mengejan hari ini? 😀 kebiasaan mengejan terlalu lama atau dipaksakan ini dialami oleh mereka yang BAB nya tidak lancar. Makanan kurang serat merupakan pengkontribusi terbesar penyebab tidak lancarnya BAB. Nah solusinya adalah perbanyak makanan yang mengandung serat agar BAB anda lancar dan tidak usah mengejan terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan ambeien dan fistula ani.

5 hal penting di atas adalah hal yang tidak boleh dianggap enteng karena memang seperti mudah dilakukan namun para praktiknya justru tidak dilakukan. Dalam hal ini karena ini untuk diri anda sendiri ada baiknya anda tidak jadi penonton namun jadilah pemainnya. Jadi intinya adalah biasakanlah 5 hal di atas agar terhindar dari penyakit fistula ani.

Artikel yang lebih lengkapnya anda bisa mengunjungi www.herbalajaib.web.id