Press "Enter" to skip to content

Nikmatnya Kehangatan Kopi Joss Khas Yogyakarta

Setiap daerah memiliki makanan atau minuman yang menjadi ciri khas dari masyarakat setempat. Begitu pula dengan Yogyakarta yang memiliki berbagai macam makanan serta minuman yang unik dan khas. Yang terkenal tentu saja gudeg dan bakpia yang menjadi ikon dari daerah ini. Untuk minuman terdapat beberapa minuman khas yaitu wedang uwuh dan yang sedang populer saat ini yaitu kopi joss. Nikmati kopi joss Jogja dengan beberapa jenis wisata yang ada di Jogja dngan menggunakan paket wisata yang di sediakan dan beberapa paket wisata Jogja yang tersedia.

Kopi Jos sendiri merupakan minuman kopi yang spesial yang hanya ada di Yogyakarta. Kopi ini menjadi unik karena kopi ini disajikan bersama-sama dengan arang yang masih membara. Kopi joss hakikatnya berupa kopi hitam biasa dan gula yang disedu dengan air panas dan kemudian sebuah arang yang membara dimasukkan di dalam gelas tersebut sehingga terdengar suara “joss” sehingga nama kopi tersebut dikenal dengan sebutan kopi joss.

Minuman ini bisa ditemui di sebelah utara Stasiun Tugu, di sebuah jalan kecil yaitu jalan Wongsodirjan yang setiap malamnya selalu dipenuhi oleh para pengunjung dan juga para wisatawan yang ingin merasakan sensasi dari kopi ini. Khusus bagi pengemar kuliner dan pengemar kopi tempat ini wajib untuk dikunjungi untuk merasakan kenikmatan dan sensasi dari kopi ini. Selain itu kopi ini dipercaya sebagai cara untuk membantu menetralkan asam lambung dan sebagai obat sakit perut karena gas dan juga kembung.

Kopi ini dijajakan di setiap angkringan di kawasan tersebut. Wisatawan dapat memesannya dan juga dapat menikmatinya bersama dengan makanan khas angkringan Jogja seperti: nasi kucing, tempe dan tahu goreng, tahu dan tempe bacem, sate keong atau sate usus dan makanan lainnya. Pengunjung bisa menikmati minuman dan makanan yang mereka pesan di trotoar yang telah digelari tikar. Sembari ngobrol bersama rekan dan juga pasangan, pengunjung bisa menikmati kehangatan Kota Jogja melalui sebuah kopi yang hangat dan makanan sederhana yang nikmat. Selain itu pengunjung bisa juga memandangi kendaraan bermotor yang lalu lalang atau sesekali dihibur oleh pengamen jalanan yang berkeling untuk menghibur para wisatawan yag datang ke tempat ini.