Press "Enter" to skip to content

Suzuki Celerio Kurang Diminati Konsumen

Suzuki Celerio Kurang Diminati Konsumen

Sistem transportasi umum di Indonesia sudah terbilang cukup mumpuni, namun keadaan geografis yang sangat luas disertai aktivitas yang variatif membuat sebagian masyarakat masih bergantung pada kendaraan pribadi. Penggunaan kendaraan pribadi di Indonesia dinilai semakin tinggi. Hal ini dapat secara langsung dilihat dari angka penjualan mobil-mobil baru yang telah diluncurkan ke tengah-tengah masyarakat.

Faktor kebutuhan konsumen selalu menjadi hal utama yang membuat penjualan mobil semakin sukses. Selain itu, hadirnya model dan mesin-mesin yang lebih baik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen otomotif. Salah satu produsen mobil terkemuka, Suzuki juga menyikapi kebutuhan transportasi masyarakat dengan meluncurkan model mobil MPV terbarunya untuk menemani mobil Ertiga.

MPV atau Multi Purpose Vehicle, lebih dienal dengan sebutan kendaraan multifungsi masih menjadi kendaraan yang paling laris hingga saat ini. Hal ini dikarenakan masyarakat memiliki aktivitas yang cenderung berubah-ubah. Mobil yang mereka gunakan tidak hanya untuk bekerja namun juga mengangkut barang, sebagai kendaraan keluarga dan bahkan alat berbisnis.

Hal ini mendorong Suzuki meluncurkan Suzuki Celerio, mobil bertipe hatchbackyang memiliki kapasitas mesin 1000 cc. MarketingDirectorPT Suzuki Indomobil Sales cukup yakin dengan debut Celerio setelah peluncurannya di penghujung tahun 2015 ini. Mengingat mobil ini memiliki fitur lengkap dan spesifikasi mumpuni, maka diperkirakan mobil besutan Suzuki ini mampu menjadi pesaing berat citycar ramah lingkungan lainnya.

Celerio hadir dengan desain yang cukup minimalis, tanpa adanya sentuhan spesial dari Suzuki. Tentu dengan desain yang pas-pasan, Celerio harus berjuang berat melawan Toyota EtiosValco, KIA Morning, Daihatsu Sirion dan mobil sejenis lainnya. Beberapa calon konsumen yang diharapkan datang dari pengguna brandlain rupanya belum berani membawa Celerio ke garasi mereka.

Hal ini tak lain karena beberapa aspek yang dinilai kurang oleh para konsumen. Namun, bisa juga diakibatkan kebiasaan konsumen yang selalu “judging book by its cover”. Sekali saja para konsumen mencoba test drive MPV terbaru Suzuki ini, bisa saja mereka berubah pikiran. Mesin dan fitur yang digadang-gadang Celerio secara teknis memang cukup baik.

Spesifikasi mesinnya didukung oleh 3 silinder DOHC dengan sistem drivebywire. Mesin MPV ini dapat meraih 60 tenaga kuda yang dapat dicapai saat putaran 6000 RPM. Meskipun jumlah konsumen Celerio masih belum maksimal, Suzuki sudah menyediakan 2 alternatif sistem transmisi yang akan menguntungkan para konsumen.

Transmisi utamanya adalah manual dengan 5 speed, sedangkan bagi anda yang kurang suka dengan transmisi manual, dapat menggunakan CVT atau ContinuouslyVariableTransmission. Kapasitas interior Celerio bisa mencapai 5 orang dengan total bagasi 254 liter. Beberapa fitur yang bisa mengobati kekecewaankonsumen atas desainnya diantara lain head audio unit, tiltadjustingsteeringwheel, port AUX dan USB serta CD player.

Beberapa pesaing Celerio memang sudah menguasai pasar terlebih dahulu. Apalagi kualitas pesaing sudah banyak yang terbukti di lapangan. Tak heran jika peminat Celerio masih belum begitu besar. Seperti yang kita tahu, minat masyarakat untuk meminang produk baru memang cukup sulit.

Terlebih jika produk tersebut belum pernah di review oleh para pencinta otomotif dalam negeri. Hal ini bukan berarti bahwa Suzuki akan kehilangan pamor di panggung MPV tanah air. Beberapa strategi dan inovasi masih direncanakan oleh Suzuki, terutama pada bidang penjualan produk kepada khalayak pencinta otomotif, terutama roda empat.