Press "Enter" to skip to content

Potensi Bisnis MLM Untuk Dijalankan Sebagai Usaha Rumahan

Potensi Bisnis MLM dalam Peluang Usaha 2017 – Salah satu model bisnis yang bisa dijalankan untuk bisnis rumahan adalah bisnis MLM atau multi level marketing (sistem pemasaran berjenjang). Multi level marketing adalah model bisnis dimana penjual bertindak langsung sebagai konsultan penjualan, distributor, dan bahkan pemilik waralaba serta pemilik independen yang bekerja secara harmonis untuk meningkatkan penjualan produk atas dasar komisi.
Ini lebih seperti pengaturan waralaba di mana penjualan produk tergantung pada upaya gabungan dari setiap waralaba dan manajer regional. Ada beberapa tingkatan orang yang menerima komisi, biasanya ada tujuh tingkat atau lebih. Multi level marketing pada dasarnya merupakan kombinasi dari waralaba dan pemasaran langsung.

Konsep ini dimulai pada tahun 1980-an ketika sebagian besar perusahaan mulai kewalahan menangani langsung masalah stok dan distribusi kepada konsumen akhir dan mulai memberikan kompensasi berupa bonus penjualan kepada semua individu yang terlibat. Hal ini meningkatkan kepentingan masing – masing anggota dalam mempromosikan produk karena kesempatan untuk mendapatkan bonus, dan sejak itu perusahaan multi level marketing telah mengambil tanggung jawab menerima pesanan, pengiriman barang, dan membayar pendapatan atau bonus.
Ada berbagai sistem pemberian komisi/pendapatan atau bonus dalam MLM. Yang banyak dipergunakan adalah skema matriks dan binary. Menurut skema matriks, lebar setiap tingkat dalam kelompok distributor diatur sedemikian rupa. Dalam skema binary/biner, batas terlebar masing-masing tingkat memiliki dua kaki. Komisi dibayar ketika kedua kaki mencapai target tertentu.

Pada awalnya, komisi dibayar dengan dua cara, yang pertama komisi dibayar hanya jika ada produk yang dijual dan yang kedua komisi dibayarkan bahkan jika pelanggan baru mendaftar saja, tidak memerlukan pelanggan baru tersebut untuk membeli sesuatu. Seiring perjalanan waktu, metode komisi yang kedua dari MLM tersebut mulai disalahgunakan secara tidak sah sehingga malah skema piramida ilegal yang mulai muncul.
Pada skema piramida ilegal, para anggota lama memanfaatkan pendaftar/pelanggan baru agar mereka bisa menerima komisi dan mereka juga digunakan untuk menggoda calon peserta lainnya untuk membeli produk lebih dari yang mereka bisa jual. Karena hal ini sudah melanggar hukum, maka tindakan pencegahan pun segera diambil. Pendekatan perusahaan bisnis MLM yang baik adalah yang mengikuti metode di mana para anggota wajib untuk melakukan penjualan produk dan tidak hanya berniat untuk merekrut pendaftar/pelanggan baru. Dalam hal ini, tidak ada sepeser pun uang atau komisi yang dibayarkan hanya untuk mensponsori pendaftar atau pelanggan baru. Dewasa ini, bisnis penjualan produk dengan sistem MLM sudah dipraktekkan hampir di seluruh negara di dunia.

Pada tahun 1979 di Amerika Serikat, Amway Corporation terbukti menaikkan harga jual barang secara tidak wajar alias mark-up. Mereka menaikkan harga untuk menutup komisi yang dibayarkan untuk anggota lama yang hanya untuk mensponsori anggota/pendaftar baru, sementara distributor mereka menjual produk dengan harga minimum . Setelah itu , FTC (Federal Trade Commission – Komisi Perdagangan AS) memberi peringatan kepada semua perusahaan MLM yang memberi komisi didasarkan pada perekrutan anggota baru dan tidak atas dasar penjualan.
Pada tahun 2006, semua penjual produk bisnis di AS termasuk perusahaan MLM diminta untuk menyediakan informasi yang menyeluruh dan transparan kepada pelanggan, sesuai dengan Business Opportunity Rules yang dikeluarkan oleh FTC, sehingga menghindarkan pelanggan dari penipuan. Pada praktek sebelumnya, banyak perusahaan MLM yang hanya terus gembar-gemborkan motivasi agar para calon anggota segera bergabung, namun mereka tidak transparan atas sistem dan produk yang mereka miliki.

Hukum untuk bisnis MLM telah dibuat lebih kuat, bahkan di negara kita sekali pun. Sebagai ukuran, skema piramida (ilegal) telah dilarang di sebagian besar negara di dunia. Semua anggota/penjual baru yang akan direkrut harus diberi penjelasan transparan tentang biaya apa saja yang harus mereka keluarkan. Mereka pun diberi penekanan pada penjualan produk dengan harga wajar yang sudah diatur perusahaan sehingga bisa mendapatkan komisi, bukan untuk mendapatkan komisi hanya dengan mencari tanda tangan pendaftar baru..
So, tidak ada salahnya bisnis MLM dijadikan salah satu calon bisnis rumahan yang akan Anda jalankan, tinggal Anda jeli untuk memilih dan memilah perusahaan MLM mana yang nanti Anda inginkan untuk bergabung.. Selamat berwirausaha..